Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatu
Dalam kesempatan kali ini saya akan berbagi ilmu yang biasanya dilakukan untuk perawatan kendaraan ringan, dan biasanya juga dilakukan untuk praktek pada SMK
Materinya yang akan saya bahas adalah "Penyetelan Celah Katup Mesin Kijang 4&5 K"
Pertama yang harus anda persiapkan adalah toolbox set atau kunci yang diapakai diantaranya adalah
1.kunci ring 12-14
2.obeng (+) & (-)
3.kunci T 12
4.kunci ring 19
5.fuller guage
Langkah-Langkah penyetelan katup
1.posisikan piston lada top 1
Putar crankshaft/poros engkol menggunakan kunci ring 19 searah putaran mesin (jangan memutar berlawanan dengan arah mesin karena timing bisa loncat). Posisikan coakan pada pulley crankshaft pada sudut 0 derajat
2.buka tutup katup dengan melepas baut 12 pada turup katupnya
Lihat posisi push rod no.4&5, jika posisi push rod no 4 lebih tinggi dari pada push rod no 5 berarti posisi piston pada top 1, dan sebaliknya.
3.setalah itu anda bisa melakukan penyetelan pada katup no 1,2,3 & 5 untuk top 1, jika top 4 anda bisa melakukan penyetelan pada katup no 4,6,7 & 8
Untuk ukuran celah katup yaitu 0,20 mm untuk katup in dan 0,30 mm untuk katup ex
4.setelah selesai melakukan penyetelan pada top 1, putar kembali poros engkol 360 derajat agar posisi piston pada top 4, lalu lakukanlah lenyetelan pada katup yang belum disetel.
5. Setelah selesai menyetel semuanya, pasang kembali tutup katup dan coba hidupkan mesin.
Terimakasih sudah berkunjung pada blog saya, semoga bermanfaat apa yang saya sampaikan
Tolong tinggalkan komentar pada blog untuk preferensi perbaikan blog saya
Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatu
Baca juga :
- Pengertian Mesin 2 Tak dan 4 Tak
- Penyetelan Celah Katup Mesin Kijang 5 K
- Cara Kerja Mesin 4 Tak
- Cara Menyetel Celah Platina Yang Tepat
- Sistem Rem
Tinggalkan kritikan anda di kolom komentar
ReplyDeleteKritikan anda perbaikan kami
ReplyDelete